Minggu, 22 Desember 2019

Pengalamanku di Pondok Pesantren

             Tinggal di pondok pesantren  adalah hal yang masih sulit dibayangkan apalagi biasanya yang dimasukan ke pesantren adalah anak anak yang nakal sudah sulit diatur orang tua biasanya di masukan ke pesantren. karena anggapan para orang tua supaya mereka mendapat pendidikan moral pendidikan agama yang bisa mengubah hidup mereka menjadi lebih baik dan berkurang nakalnya.
                  Pengalamanku di pesantren selama enam tahun dan tinggal di pondok yang berbeda baik sebagai santri maupun pengajar. sebagai santri aku dimasukan orangtuaku ke pesantren saat mulai sma. aku mulai menjalani aktifitas keseharianku dan disana sebagai santri aku tinggal 24 jam untuk belajar agama dan umum. menjalankan aktifitas jauh dari kasur empuk di rumah, jauh dari mandi sebebas bebasnya dirumah dan kegiatan kegiatan lainya. dipondok aku belajar mengaji, membaca kitab kuning, belajar kitab kitab yang memberi bekal moral dan akhlak untuku. dan bukan hanya itu di pagi hari saat jam sekolah kami belajar pendidikan umum di sma yang ada di ponpes itu. yang memberi bekal bagi kehidupan dunia dan akhirat.
              Tanpa terasa tiga tahun berlalu di pondok pesanten dan aku melanjutkan di sebuah asrama di kampusku yang juga banyak memberi kegiatan keagamaan sama juga seperti di pesantren. selama dua tahun memberi bekal keagamaan. di pondok banyak hal hal yang gak kurasakan seperti di rumah. di pondok kami terbiasa suasana ramai, biasa berantri antri mau mandi, biasa tidur beramai ramai, dan suasana pondok pesntren juga akan di kenang tempat yang palinh terasa suasana keagamaan di pondok pesantren dan mungkin bisa banyak mendapat pengalaman spiritual sendiri di ponpes. kita juga bisa banyak mengenal teman teman dari berbagai daerah.di ponpes kami belajar kehidupan sederhana makan pun semua sama di pondok pesantren bagi yang rajin bisa berpuasa senin kamis. dan memakai sarung, baju koko, peci adalah kegiatan kami sehari hari.
              Itulah kegiatan di pondok pesantren tempat menempuh pendidikan agama di indonesia yang menurut sejarah sudah ada beratus tahun yang lalu. yang juga banyak melahirkan orang orang hebat di indonesia baik mentri, tokoh tokoh negara bahkan presiden.dan pondok pesantren juga menjadi kebutuhan penting di zaman sekarang saat kemerosotan moral dimana mana. memasukan anak ke pondok menjadi hal penting menjaga generasi muda kita dimasa mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar