Kamis, 23 Januari 2020

agresi militer belanda 1

belanda terus berupaya menguasai indonesia. berbagai perundingan seringkali dilanggar dengan barmacam alasan. agresi adalah upaya menguasai wilayah negara lain dengan melakukan invasi militer begitulah yang dilakukan oleh belanda di berbagai macam wilayah di indonesia seperti sumatra jawa barat, jawa tengah dan jawa timur pada masa agresi militer pertama pada 21 juli 1947 untuk mengatasi masalah itu indonesia mengadu kepada PBB dan akhirnya atas tekanan resolusi PBB dilakukan gencatan senjata. 
agresi ke dua pun dilancarkan pada 19 desember 1948 dilakukan penyerangan ke yogyakarta. pada masa itu ibukota indonesia berada di yogyakarta . dan dilakukan penangkapan terhadap banyak tokoh penting di indonesia seperti sukarno, hatta, syahrir dan lain lan. jatuhnya ibukota ini menyebabkan dibentuknya pemerintahan darurat republik indonesia atau pdri di bukit tinggi sumarmtra barat dipimpin oleh sjafrudin prawiranegara. 
setelah jogjakarta direbut oleh belanda dilakukan perlawanan dan usaha untuk merebut kembali jogjakarta di pimpin oleh jendral sudirman dengan strategi baru taktik gerilya. dan serangan itu berhasil dikenal sebagai serangan 1 maret 1949. serangan ini juga membuktikan kekuatan tentara republik indonesia di mata dunia internasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar