Kamis, 23 Januari 2020

sunan kalijaga

sunan kalijaga atau dikenal sebagai raden mas said. beliau adalah salah seorang walisongo dan merupakan putra adipati tuban. pada masa mudanya beliau menjadi perampok yang mangambil harta dari orang kaya dan membagikan nya pada rakyat miskin. dia dikenal sebgai berandal lokajaya. suatu ketika ada sekelompok penjahat yang meniru topeng yang digunakan suna kaijaga saat beraksi. dan melakukan hal tidak senonoh dengan warga desa dan menjarah desa tersebut tetapi yang tertangkap justru sunan kalijaga. beliau dituduh sebagai orang yang memerkosa warga itu. sehingga pihak kerajaan memanggilnya betapa terkejutnya adipati melihat yang ditangkap adalah anaknya sendiri sunan kalijaga. sehingga sunan kalijaga diusir dan diberi hukuman.
hari berlalu dan sunan kalijaga berjalan disebuah hutan dan melihat seorang tua yang hendak lewat sunan kalijaga hendak merampoknya. tetapi karena esaktian orang tersebut sunan kalijaga justru jatuh tersungkur dan akhirnya sunan kaliaga menjaga tongkat orang tersebut di pinggir kali. dan ternyata orang tua ersebut adalah sunan bonang. setelah dia menjaga kali itu beliau bertaubat dan berguru dengan sunan bonang. sehingga beliau bernama sunan kalijaga atau menjaga kali. 
sunan kalijaga salah satu pendakwah yang jenius menggunakan budaya jawa sebgai media dakwah diantaranya adalah menggunakan media wayang untuk menyebarkan agama islam dan menciptakan lagu lagu berbahasa jawa dengan nila nilai islam yang membuat banyak masyarakat berbondong bondong masuk agama islam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar