Sabtu, 01 Februari 2020

Bani Umayah

Bani Umayah terbagi menjadi dua bagian yaitu bani umayah yang ada di Damaskus (Siria) dan bani umayah yang ada di Andalusia (Spanyol).
A. Bani Umayah yang ada di Damaskus dimulai pada 661 M.
 Pendirinya adalah Muawiyah bin Abu Sofyan. Saat Muawiyah bin Abu Sofyan memerintah mulai dirubah struktur pemerintahan kerajaan yang pada mulanya berbentuk kekhalifahan menjadi monarki kerajaan.
berdirinya kekuasaan muawiyah dimulai dengan penolakan baiat kepada Ali yang saat itu menjadi khalifah dan melakukan peperangan kepada kelompok ali pada akhirnya dilakukan tahkim dan pada peristiwa tahkim muawiyah yang menjadi pemenangnya.
tata kelola pemerintahan dilakukan dengan baik. dan mulai dilakukan banyak pembaharuan dalam bidang pemerintahan dalam masa bani umayah. kekuasaan umat islam padamasa itu mencakup wilayah yang sangat luas dan beberapa kali di lakukan penyerangan ke wilayah kekuasaan Romawi seperti Konstantinopel dan penyerangan ke daerah Hindia. dilakukan ekspansi juga ke wilayah afrika utara sampai berbatasan dengan samudra atlantik yang menjadi awal mula Islam masuk ke benua Eropa.
dalam bidang kodifikasi hadits pada masa bani umayah mengalami kemajuan antara lain disebabkan perhatian yang serius pada kodifikasi hadits dan perkembangan ilmu hadits dimasa mendatang hal ini diakukan oleh khalifah Umar bin Abdul Azis. yang akhirnya dilakukan penulisan hadits pada masa itu.

b. bani umayah yang ada di Andalusia dimulai pada 711 masehi.
pada masa khalifah al walid dilakukan perluasan wilayah ke arah afrika. dan al walid mengutus salah satu gubernurnya yaitu musa bin nusyair untuk melakukan perluasan wilayah ke benua eropa melalui selat giblartar dikirimlah pasukan yang dipimpin oleh thariq bin ziyad menuju daratan spanyol. akhirnya kota kota di spanyol pun dapat ditaklukan sperti toledo, seville. itulah awal mula kedatangan islam di benua eropa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar