Kamis, 14 November 2019

Menulis lah

          Menulis adalah salah satu cara mengungkapkan fikiran, banyak sekali tokoh tokoh besar dunia baik tokoh agama, politik, ekonomi, teknologi dan lain lain. meninggalkan jejak kehidupan mereka dengan tulisan. tidak jarang karya mereka berjumlah ratusan bahkan ribuan jilid. padahal zaman dahulu listrik sebagai penerang saat kita menulis belum ada dan fasilitas lain untuk menulis seperti kertas dan lain lain tidak semudah seperti sekarang. 
         Seperti Ibnu Khaldun misalnya seorang tokoh sejarah muslim menulis perjalanan kehidupannya melewati banyak wilayah di dunia, seperti tokoh cina I Tsing dan tokoh penjelajah lain yang karya tulisan mereka sangat besar manfaatnya untuk manusia dimasa sekarang. tokoh tokoh dalam bidang lain pun demikian seperti pakah hadits pada masa lalu imam bukhari yang melakukan perjalanan penulisan hadits, atau tokoh seperti filosof filosof barat banyak meninggalkan karya tulis mereka.
          Jadi betapa pentingnya sebuah tulisan bisa menjadi hal yang sangat berguna di masa masa yang akan datang. dan bagaimana budaya baca dan tulis di Indonesia sejak zaman dahulu kegiatan penulisan di Indonesia berjalan dengan luar biasa seperti ditemukanya tulisan Babad ataupun Hikayat yang banyak menceritakan kerajaan kerajaan ataupun kesultanan di Indonesia. banyak sekali warisan tulisan mereka yang bisa menjadi kenangan dan menjelaskan keagungan dan kebesaran negeri kita zaman dahulu. tanpa itu kita tidak akan bisa maju. debab dengan tulisan kejayaan masa lalu kita bisa mengenang dan memberi motivasi bagi kita untuk ke depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar