Jumat, 22 November 2019

Tariq bin ziyad

     Banyak sekali pahlawan muslim yang mengukir sejarah besar bagi dunia. tentunya sangat menginspirasi generasi umat muslim terlebih kaum muda. apalagi di era milenial saat ini informasi berkembang cepat sebagai generasi muda muslim seharusnya terinspirasi oleh kehebatan pahlawan pahlawan muslim tersebut. salah satunya adalah thariq bin ziyad. siakah thariq bin ziyad itu?.
     Thariq bin ziyad adalah seorang pemimpin pasukan tentara yang ditugaskan oleh Musa bin Nusyair. dia memimpin sebanyak 7000 pasukan melewati laut tengah menuju daratan spanyol. dan mendarat di sebuah bukit yang bernama giblartar.
        Setelah tiba di daratan spanyol pihak musuh menangkal pasukan muslim dengan mengumpulkan 25.000 tentara. karena itu akhirnya thariq meminta pasukan tambahan kepada musa bin nusyair dan mendapat tambahan pasukan sebanyak 12.000 pasukan.
      Pada minggu 18 juli 711 M kedua pasukan bertemu di dekat danau janda dekat mulut sungai barbate. dan bertangsung pertempuran selama 8 hari dan dimenangkan pihak thariq. setelah memenangkan pertarungan pasukan menuju ke toledo, kemudian menaklukan wilayah lain seperti archidona dan granada. kemudian cordova yang kemudian menjadi pusat kerajaan islam Andalusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar