Kamis, 28 November 2019

Senandung Jolo

kali ini saya membuat tulisan saya tentang senandung jolo. senandung jolo adalah kesenian berpantun yang berisi nasehat disertai dengan bunyi bunyian musik gambang. kesenian senandung jolo sendiri adalah musik asli daerah muaro jambi. yang ada di daerah kelurahan tanjung kecamatan kumpeh ilir kabupaten muaro jambi. untuk menuju daerah itu membutuhkan waktu sekitar 4 jam dari kota jambi dengan roda dua ataupun roda empat.

kesenian senandung jolo bentuknya seperti apa
senandung jolo itu berisi pantun nasihat yang disertai musik peralatan musik berupa kulintang kayu, gong, kendang, truntung. dan bisa juga di selini tarian

 eksistensi senandung jolo sudah menjadi tradisi kebiasaan warga kelurahan tanjung melekat dalam kehidupan masyarakat. dan saat ini sudah di ajarkan di sekolah sekolah di sekitar kelurahan tanjung. selain itu juga di buat sebuah sanggar yaitu mengorak silo.

cara memainkan senandung jolo yaitu menyenandungkan pantunpantun nasihat, dengan dipadukan tabuhan kulintang kayu, gong, kendang dan peralatan lainya. biasanya dilakukan saat pesta panen, turun beumo, dan malam hari saat waktu meracik bumbu sebelum acara pesta pernikahan. bahkan upacara kemerdekaan di instansi pun biasanya dilakukan juga.

senandung jolo adalah salah satu kesenian tradisional jambi sama juga dengan krinok di bungo dan kesenian lainya. kesenian yang mempunyai nilai moral dan nasehat yang menjadi identitas bangsa. kita sebagai warga negara wajib melestarikanya dengan baik supaya menjadi aset bangsa dan menjadi ciri khas kebudayaan yang ada di indonesia. mengenalkanya kepada generasi muda dan terus melestarikanya supaya semakin di kenal masyarakat luas adalah tugas kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar